Iklan

,

Indeks Kanal

Debat Publik Pilbup Karawang 2024, Adu Visi Misi Calon Pemimpin, Akan disiarkan Langsung di Metro TV

Redaktur
October 16, 2024, 8:45:00 PM WIB Last Updated 2024-10-16T13:56:03Z
Poto: Kiri Jadwal debat publik pemilihan Bupati dan wakil bupati karawang 2024,  Kanan Profil 2 calon bupati dan wakil bupati Istimewa. 

KARAWANG | Suarana.com – Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Kabupaten Karawang telah resmi menetapkan jadwal debat publik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang 2024. 

Berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Karawang Nomor 1638 Tahun 2024, debat terbuka tersebut akan digelar pada Sabtu, 9 November 2024, dan disiarkan melalui Metro TV.

Ketua KPU Kabupaten Karawang, Mari Fitriana, menyatakan bahwa debat publik ini bertujuan memberikan ruang kepada pasangan calon untuk memaparkan visi, misi, dan program kerja mereka kepada masyarakat. 

"Kami berharap debat ini dapat menjadi acuan bagi pemilih untuk menentukan pilihan secara lebih bijak berdasarkan ide dan rencana kerja yang disampaikan oleh para kandidat," ujarnya dalam wawancara oleh Suarana.com melalui sambungan Whatsapp Rabu (16/10/2024). 

Penetapan tanggal debat ini melalui pertimbangan matang, termasuk pemilihan stasiun televisi penyiar. KPU Kabupaten Karawang sempat mempertimbangkan beberapa stasiun TV seperti TV One, Metro TV, dan Kompas TV, sebelum akhirnya memilih Metro TV. Keputusan ini didasarkan pada penyesuaian harga dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan KPU. 

"Awalnya, jadwal ditetapkan pada 11 November 2024, namun karena berbenturan dengan jadwal debat di KPU Provinsi Jawa Barat, akhirnya diputuskan untuk digeser ke 9 November 2024," jelas Mari Fitriana.

Debat publik ini diatur sesuai Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2024 tentang Kampanye Pemilihan Kepala Daerah, dan melibatkan akademisi serta praktisi independen sebagai tim perumus dan panelis. Semua pihak yang terlibat dipastikan bebas dari keberpihakan kepada pasangan calon. 

"Mekanisme debat sudah diatur secara detail, mulai dari tema hingga daftar pertanyaan yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis," tambahnya.

KPU Kabupaten Karawang juga akan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk aparat keamanan, untuk memastikan pelaksanaan debat publik berjalan lancar dan aman. 

Diharapkan debat ini dapat membantu masyarakat Karawang dalam memilih pemimpin terbaik untuk masa depan daerah selama lima tahun ke depan.

  • Editor : Rizki R

Kami hadir di Google News
Dan jangan lupa ikuti Saluran WA

Iklan


Advertisement
Advertisement
Advertisement