Iklan

,

Iklan

iklan

Indeks Kanal

Transparansi dan Akuntabilitas, DPRD Muratara Bahas Rekomendasi LKPJ Bupati 2023

Redaktur
June 29, 2024, 12:30:00 AM WIB Last Updated 2024-06-28T17:30:56Z

MURATARA | Suarana.com - DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian rekomendasi tentang laporan pertanggung jawaban (LKPJ) Bupati Muratara tahun anggaran 2023.

Paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Musi Rawas Utara (Muratara), Efriansyah, SSos didampingi Wakil Ketua I, Sukri Alkap dan Wakil Ketua II, Devi Arianto.

Bupati Muratara H Devi Suhartoni mengatakan penyampaian rekomendasi LKPJ ini merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 tahun 2020 tentang Peraturan pelaksana Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah hal  ini wajib  kita ketahui bersama.

Untuk diketahui LKPJ  adalah laporan yang disampaikan oleh pemerintah daerah kepada Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) dari hasil penyelenggaraan pemerintahan yang menyangkut pertanggung jawaban kinerja yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah selama 1 tahun  anggaran, mengingat penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun anggaran 2003 telah berakhir.

Pemerintah berkewajiban untuk menyampaikan LKPJ tahun anggaran 2023 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) melalui rapat paripurna untuk mempresentasikan kemajuan penyelenggaraan pemerintah dan kinerja pembangunan yang telah dicapai selama tahun anggaran 2023.

“Kami berharap melalui laporan ini dapat menjadi sarana bagi publik untuk memperoleh transparansi dan akuntabilitas atas kinerja Pemerintah Kabupaten Muratara selama kurun waktu tahun 2023 yang merupakan tahun ketiga RPJMD  tahun 2021-2026,” harap Bupati.

Oleh karena itu, dia berharap dengan adanya penyampaian rekomendasi LKPJ ini, akan mendapatkan saran masukan dan rekomendasi demi perbaikan dan penyempurnaan bagi penyelenggaraan pemerintahan daerah di masa mendatang.

Dia menambahkan tema pembangunan Kabupaten Muratara tahun 2023 adalah ‘peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat didukung infrastruktur dasar layanan pemerintahan yang optimal’.

Kami juga menyampaikan nota pengantar dalam rangka penyampaian rekomendasi laporan keterangan pertanggungjawaban LKPJ Bupati Muratara tahun 2023, sebagai ringkasan laporan pelaksanaan Kinerja pengelolaan keuangan  pendapatan daerah,dan belanja.

Dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan sudah banyak melakukan pembangunan diantaranya, di bidang infrastruktur,di bidang Kesehatan.

Di bidang kesehatan, alhamdulilah sudah 8 puskesmas telah terakreditasi. Di bidang pendidikan, pelaksanaan program bantuan sosial lansia dan kematian yang terus ditingkatkan jumlah penerimaan 2023 melalui dana insentif fiskal, pemberian bantuan UMKM kepada masyarakat pada tahun 2023, pelaksanaan program dan lainnya.


(Tulentino)

Kami hadir di Google News
Dan jangan lupa ikuti Saluran WA

Iklan

Advertisement
Advertisement

Advertisement
Advertisement



Advertisement


Advertisement
Advertisement

iklan
Advertisement

iklan
Advertisement
Advertisement
iklan
Advertisement